INDRA PENDENGARAN IPA KELAS 4 MI NURUL IMAN SEKINCAU

TELINGA SEBAGAI ALAT PENDENGAR ( IPA KELAS 4)



Telinga merupakan indra untuk mendengar. Setiap hari kita mendengarkan 
bermacam-macam suara, tetapi tidak semua suara dapat kita dengar. Telinga kita 
hanya mampu mendengarkan suara yang berfrekuensi antara 20 – 20.000 getaran per 
detik (Hertz/Hz).

1. Telinga Bagian Luar

Telinga bagian luar terdiri atas daun telinga, saluran telinga luar. Daun telinga tersusun atas tulang rawan dan jaringan fibrosa, kecuali pada ujung paling bawah yaitu cuping telinga tersusun dari lemak.

Daun telinga berfungsi untuk menerima dan mengumpulkan suara yang masuk ke dalam telinga. Saluran telinga luar berfungsi menghasilkan minyak serumen. Saluran telinga luar yang dekat dengan lubang telinga dilengkapi dengan rambut-rambut halus untuk menjaga agar benda asing tidak masuk, dan terdapat kelenjar lilin yang berperan menjaga agar permukaan saluran telinga luar dan gendang telinga tidak kering.

Di bagian akhir saluran telinga luar terdapat membran tipis yang memisahkan telinga luar dengan telinga tengah disebut membran timpani (selaput gendang).

2. Telinga Bagian Tengah



Telinga pada bagian tengah merupakan suatu ruang di dalam tulang pelipis, yang dilapisi jaringan mukosa.

Pada telinga bagian tengah terdapat :
  1. tulang-tulang pendengaran,
    yaitu tulang martil (maleus), tulang landasan (inkus), dan tulang sanggurdi (stapes). Ketiga tulang tersebut saling berhubungan melalui sendi dan berfungsi untuk mengalirkan getaran suara dari gendang telinga menuju ke rongga telinga dalam.
  2. Saluran eustachius
    Saluran yang menghubungkan telinga tengah dengan faring, saluran ini berfungsi menjaga keseimbangkan tekanan udara pada telinga luar dengan telinga tengah.


3. Telinga Bagian Dalam


Telinga bagian dalam terdiri atas tiga bagian, yaitu jendela (tingkap), labirin, dan organ korti.
Tingkap atau jendela pada telinga ada dua macam yaitu tingkap oval dan tingkap bulat (jorong). Telinga dalam terdiri dari rongga yang menyerupai saluran-saluran. Rongga-rongga ini disebut labirin tulang dan rongga yang dilapisi membran disebut labirin membran. Labirin tulang terdiri dari tiga bagian yaitu vestibula, koklea (rumah siput), dan tiga saluran setengah lingkaran.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IPS Tema 7 Faktor penyebab keragaman Masyarakat Indonesia

Tema 6 CITA- CITAKU sub Tema 3 Pembelajaran 3 dan 4

Kegunaan Alat- alat Pertanian Dalam bahasa lampung